Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)

Bila ada yang menanyakan bagaimana  keliling Sumatera Utara dalam satu hari, maka jawabannya adalah berkunjunglah ke Pekan Raya Sumatera Utara atau sering disingkat dengan PRSU. Hal serupa saat banyak yang mengatakan, bila ingin keliling Indonesia dalam satu hari maka berkunjunglah ke Taman Mini Indonesia di Jakarta.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan di Arena PRSU Jl.Gatot Subroto Km.5 Tapian Daya, Medan tersebut menawarkan pengalaman mengenal kebudayaan dan keragaman daerah Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Biasanya diselenggarakan sekitar waktu Maret-April-Juni. Untuk tahun 2011, PRSU yang memasuki edisi ke-40 ini diselenggarakan 18 Maret sampai dengan 17 April 2011.

33 kabupaten/kota di Sumut berpartisipasi di PRSU. Masing-masing memiliki stand sendiri berupa gedung berlantai dua yang dimanfaatkan untuk memamerkan ke khasan daerah masing masing. Diantaranya yang ditampilkan adalah rumah adat, hasil kerajinan rakyat, hasil alam, industri, pakaian adat, senjata tradisional, dan pelaminan.

Untuk tiap bangunan dikonsep berbeda oleh setiap kabupaten/kota sesuai karakter budaya masing-masing. Misalnya untuk kabupaten Toba Samosir dikonsep seperti rumah adat Batak. Bagi yang menginginkan oleh-oleh khas di Sumut, tiap stand menyediakannya untuk para pengunjung sesuai dengan khas daerah masing-masing. Seperti kopi Sidikalang di stand Pemkab Dairi, dan keripik salak di stand Pemko Padangsidimpuan.

Tak hanya itu, PRSU juga diramaikan oleh bazar bazar murah, Pameran UKM, dan pasar malam. Untuk menambah semarak acara, setiap akhir pekan selama acara dilaksanakan dihadirkan band-band papan atas Indonesia yang akan manggung meramaikan PRSU. Tercatat untuk tahun 2011 hadir memeriahkan adalah Armada, Drive, D’Bagindas, Goliath, Zivilia dan Vierra.

Sumber berita : Dari Berbagai Sumber

Foto : Dari berbagai Sumber