[ Profil ] Farah Quinn

Nama Lengkap : Farah Fauzan Quinn

Tanggal Lahir : 8 April 1980

Suami : Carson Quinn

Anak : Armand Fauzan Quinn

Bicara tentang masak-memasak, pasti melibatkan Farah Fauzan atau lebih dikenal dengan Farah Quinn. Sexy Chef ini mengaku sebagai “Hot Mama” yang cinta anak dan suami.

Masa kecilnya di Sumatera kerap ia habiskan untuk membantu sang ibu di dapur.  Lepas SMA, Farah melanjutkan kuliah di jurusan Finance di Indiana University Of Pennsylvania, Amerika Serikat. Jurusan yang sebenarnya tak ingin ia masuki. Maklumlah ia lebih suka mempelajari resep masakan ketimbang belajar ekonomi. Tapi saat itu, perempuan berkulit coklat ini yakin, keinginannya pasti akan ditentang oleh sang ayah. Karena itulah Farah memutuskan untuk mengambil jurusan finance.

Setelah berhasil menyelesaikan gelar sarjananya, Farah pun mengambil keputusan. Ia hanya akan bekerja untuk sesuatu yang ia sukai. Tawaran melanjutkan S2 dari sang ayah pun ditolak.

Farah mengakui bahwa dirinya bukanlah tipikal pekerja kantoran. Karena itulah Farah memulai karirnya di Lydia’s Pittsburgh, sebuah restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Pennsylvania. Ia juga melanjutkan pendidikannya di Pittsburgh Culinary Institute dan mengambil kelas pastry.

Setelah lulus, Farah pindah ke Phoenix, Arizona. Ia kemudian bekerja di Arizona Biltmore Resort. Farah juga sempat mengikuti World Pastry Championship dan mendapatkan kesempatan belajar memasak pada Chef Ewald Notter and Colette Peters. Tahun 2005, keberuntungan membawa Farah dalam acara pertemuan G8 di Sea Island Georgia. Di bawah bimbingan Chef James Mullaney, ia menciptakan menu dessert yang spesial. Hidangan penutup itu disajikan untuk beberapa orang seperti Ibu Negara Laura Bush dan delegasi dunia lain.

Pada tahun 2005, saat usianya 25 tahun, Farah dinikahi oleh Carson Quinn. Wanita berdarah Palembang ini jago sebagai koki, sedangkan Carson bergerak di  bidang industri hotel dan restoran. Jadinya, mereka berdua membangun restoran yang diberi nama Camus di Amerika. 2 tahun kemudian Resto Camus dijual karena penawaran yang diberikan bernilai tinggi, selain itu Farah berencana istirahat dari dunia kerja setelah melahirkan.

Suatu hari ia menunjukkan portofolionya kepada Helmi Yahya. Presenter kondang itu tertarik dan kemudian mengajak Farah untuk tampil sebagai bintang tamu dalam sebuah acara. Beberapa lama setelah itu Farah dihubungi oleh sebuah stasiun TV. Ia ditawari untuk membawakan sebuah acara masak-memasak. Farah mengiyakan. Farah Quinnn resmi membawakan acara “Ala Chef” di Trans TV. Kesempatan pulang kampung ini langsung diambil oleh Farah dengan dukungan suami yang bersedia ikut pindah.

Farah memiliki satu anak yang diberi nama Armand Fauzah Quinn. Dengan kesibukan kedua orang tuanya, Armand tumbuh dengan perpaduan budaya Amerika dan Indonesia. Armand diajarkan kemandirian ala Amerika, namun nilai kekeluargaan ala Indonesia.