[ Tips ] Siasat Hemat di Salon

Memanjakan diri di salon memberi efek yang luar biasa, kita merasa lebih cantik dan segar. Sayangnya, ritual ini seringkali menguras dompet. Berikut 8 cara hemat perawatan di salon.

1. Training Salon
Bila Anda hanya ingin treatment rambut, atau mani-pedi dengan harga terjangkau, coba pilih salon-salon training. Sekarang ini sudah banyak salon terkemuka yang membuka salon khusus untuk melatih para calon hairstylist atau terapis. Kualitas pelayanan mereka tak kalah dengan yang sudah profesional.

2. Murah Meriah
Jika tujuan Anda pergi ke salon hanya untuk mendapatkan potongan rambut yang sangat simpel, seperti memotong poni yang sudah terlalu panjang atau ingin potong rambut model lurus tanpa layer, coba minta bantuan ibu atau teman untuk memotongkan rambut Anda. Sehingga Anda tak perlu membayar mahal hairstylist profesional. Atau, pilih saja salon biasa di dekat rumah yang mematok harga standar. Begitu pun untuk creambath, salon-salon yang ada di kawasan perumahan, juga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan dengan harga yang lebih bersahabat.

3. Beli Alatnya
Daripada harus menghabiskan uang untuk mem-blow rambut setiap kali Anda pergi, lebih baik Anda membeli alat yang biasa digunakan para hairstylist profesional. Pasalnya, faktor penting tatanan rambut di salon terlihat istimewa adalah karena kualitas peralatan yang digunakan. Meskipun harga peralatannya mahal, toh, Anda bisa menggunakannya sepanjang waktu tanpa perlu bolak balik ke salon.

4. Rencanakan Lebih Dulu
Salah satu hal yang membuat Anda sering “bangkrut” ketika berada di salon, karena tak adanya perencanaan yang matang. Niat semula yang hanya gunting rambut, tetapi kemudian tergoda rayuan si Mbak Salon, perawatan pun bertambah menjadi highlights, dan mani-pedi. Belum lagi ada embel-embel pemakaian produk tertentu. Tak terasa budget Anda pun membengkak dua sampai tiga kali lipat. Karena itu, ada baiknya Anda rencanakan lebih dulu perawatan apa yang akan Anda lakukan di salon.

5. Pilih Paket
Ketimbang Anda bolak-balik ke salon hanya untuk perawatan satuan, lebih baik ambil beberapa perawatan sekaligus dalam satu waktu. Misalnya satu bulan sekali Anda “bertapa” di salon untuk hair spa, facial, mani-pedi, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa berhemat biaya salon, transportasi, tip, dan makan. Lumayan banyak, kan?

6. Jadi Member
Bila Anda sudah cocok dengan salon tertentu, dan mendatanginya secara rutin, lebih baik Anda menjadi member salon tersebut. Biasanya ada penawaran menarik untuk anggota, di antaranya mendapat potongan harga.

7. Di-mix Saja
Ada beberapa perawatan yang bisa disiasati, salah satunya highlights. Sebelum melakukan perawatan ini, cobalah untuk mewarnai sendiri rambut Anda dengan produk yang ada di konter-konter. Setelah itu baru temui penata rambut untuk memberi efek highlights agar hasil pewarnaan Anda maksimal. Dengan cara ini setidaknya Anda hanya perlu mengeluarkan setengah biaya.

8. Berikan Tip Secukupnya
Jika merasa puas dengan pelayanan penata rambut atau terapis di salon, sah-sah saja memberikan tip. Tapi, tak perlu berlebihan, beri tip sepantasnya saja. Misalnya untuk stylist yang menggunting atau mewarnai rambut Anda, bisa diberikan 10-20 persen dari jumlah biaya treatment. Sedangkan untuk yang mencuci dan mem-blow rambut cukup berikan Rp 5 ribu – 10 ribu. Bahkan bila pemilik salon sendiri yang menata rambut Anda, tak perlu memberikan tip kepadanya. Yang penting, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada mereka yang telah membantu melayani Anda.

Sumber : (Bestari Kumala Dewi/Majalah Chic)