[ wawancara ] Ketemu Jojo Keong Racun

Banyak orang terhibur dengan aksi mereka yang lucu, menggemaskan dan apa adanya. Tetapi tak sedikit pula yang menganggap aksi mereka berlebihan dan sekedar upaya mencapai popularitas.

Nama Sinta & Jojo tiba-tiba jadi obrolan seru di dunia maya. Aksi dua cewek manis yang lipsync lagu dangdut Keong Racun ini lumayan memberi hiburan bagi pengunjung Internet. terakhir di cek, viewnya sudah di angka 49.790 sejak diupload tanggal 18 Juni 2010.

Aksi iseng yang menghibur, walaupun musiknya mungkin agak bikin ilfil.

Hai sempat bertemu langsung dengan Jovita ‘Jojo’ Adityasari di kediamannya di kawasan Cimahi, Jawa Barat. Kepada Hai, gadis yang mengambil jurusan Hubungan Internasional di salah satu kampus swasta di Bandung ini bercerita panjang lebar perihal kisah di balik video yang berdampak besar bagi kesehariannya. Berikut petikan wawancaranya.

Gimana sih ceritanya kok bisa video Keong Racun itu dibuat hingga akhirnya heboh?

Video Keong Racun itu sebenarnya dibuat untuk ngebales video yang dibikin sama cowoknya Sinta. Waktu itu, cowoknya Sinta bareng teman-temannya di Perancis nyanyiin lagu Peterpan terus dikirim ke Sinta. Ngelihat bule yang nyanyi lagu Indonesia kan lucu banget tuh. Lantas kami jadi ‘panas’ pengen bikin video pembalasan. Sempet bingung mau nyanyi lagu apa. Akhirnya Uci, salah satu teman saya yang ada di video Cinta Satu Malam, ngasih usul lagu Keong Racun. Awalnya bingung juga, kenapa harus lagu dangdut ya? Lantas setelah dipikir-pikir, lucu juga sih. Ya udah, kami mencari lagu sama liriknya di internet.

Awalnya video itu mau di-upload ke Facebook. Tapi karena upload lewat Facebook prosesnya agak lama, akhirnya Sinta berinisiatif untuk menggunakan YouTube lalu di-link ke Facebook. Waktu itu sempet kepikiran sih ‘eh, bukannya YouTube tuh bisa dilihat semua orang ya?’ Tapi akhirnya ya cuek aja, karena memang nggak nyangka efeknya bakal kayak sekarang.

Video kalian dianggap meniru aksi Momoy Palaboy yang memang tenar di YouTube. Gimana menurut kamu?

Saya malah nggak tahu siapa itu Momoy Palaboy. Baru dikasih tahu teman soal Momoy Palaboy tuh pas video Keong Racun sudah lama beredar. Tapi kalau Momoy itu sepertinya memang niat untuk ditonton banyak orang, sedangkan kami kan memang buat becandaan antarteman aja, sekaligus ngebales video cowoknya Sinta. Ya terserah orang sih mau bilang niru atau nggak, toh video lipsync seperti itu itu kan banyak banget.

Apa yang kamu rasakan begitu video Keong Racun kalian jadi omongan?

Sumpah kaget banget dan nggak nyangka. Karena memang nggak terpikirkan sebelumnya bakalan jadi heboh. Dan kami memang nggak berniat bikin heboh. Tapi hingga sekarang pun saya masih bingung, apa iya sampai seheboh itu? Padahal banyak video selain Keong Racun, tapi nggak tahu kenapa lagu tersebut yang paling heboh. Saya sempat jadi orang yang pendiam banget saat itu.

Gimana respon orang-orang terdekat soal video tersebut? Pasti ada yang pro dan kontra, dong?

Kalau mama-papa saya sih biasa aja, karena waktu bikin dan sudah jadinya pun mereka melihat. Pacar saya juga cuek, karena bisa mengerti cerita di balik video tersebut dan nggak menganggap ada yang aneh-aneh. Waktu itu juga sempat ada saudara yang tinggal di Surabaya bilang, kalau Keong Racun sudah sampai sana. Kaget juga sih, ternyata cepat sekali beredarnya. Sempat ada yang sms lalu nyela dan nganggep kami cewek yang bukan-bukan gitu deh. Emosi tuh! Langsung aja saya balas smsnya sambil marah-marah. Habis nyebelin sih!

Sejak video tersebut naik, kamu dan Sinta dikenal sebagai Jojo-Sinta Keong Racun. Pernah ada yang mengenali kamu saat di keramaian?

Ada. Waktu saya, Sinta dan teman-teman sedang makan di pusat perbelanjaan, tiba-tiba saja ada pengunjung yang bilang, “Kamu Sinta-Jojo Keong Racun, kan? Saya ngefans banget sama kalian!” Udahlah jadi foto-foto bareng di situ.

Sumber : Majalah Hai

Yang belum pernah liat aksi Jojo di You Tube, ini dia :